Pemerintah Akan Luncurkan IGOS

Kamis, 24 Juni 2004 9:11:00

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi merencanakan akan mendeklarasikan IGOS ( Indonesia Go Open Source ) pada tanggal 30 Juni 2004 bertempat di GD II BPP Teknologi Jl. MH. Thamrin 8 Jakarta.

Acara ini akan dihadiri oleh lima menteri yaitu Menteri Negeri Riset dan Teknologi, Menteri Negara Komunikasi dan Informasi, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Menteri Kehakiman dan HAM, serta Menteri Pendidikan Nasional.

Selain didukung kelima instansi pemerintah tersebut, program IGOS juga akan melibatkan berbagai pihak terkait dengan pengembangan sistem operasi open source seperti komunitas open source, KPLI (Kelompok Pengguna Linux Indonesia), JUG (Java User Group), dan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Di samping itu, TKTI (Tim Koordinasi Telematika Indonesia), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPPT (Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi), serta sejumlah perusahaan lokal baik pengembang peranti lunak berskala kecil maupun perusahaan software berskala besar juga akan dilibatkan dalam program IGOS.

Sebagai langkah awal dari kebijakan ini akan dikeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tingkat menteri untuk mensosialisasikan penggunaan sistem operasi berstandar terbuka di Indonesia khususnya dikalangan instansi pemerintahan.

Selanjutnya, tidak menutup kemungkinan, untuk mendukung program tersebut juga akan dikeluarkan pula kebijakan pemerintah untuk mengatur pemanfaatan sistem operasi open source secara nasional, termasuk melakukan persiapan migrasi sistem operasi.

Deputi Menristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek DR. Ir. Wendy Aritenang mengatakan penggunaan sistem operasi open source tidak bisa dilakukan secara total tapi perlu bertahap dimulai dari instansi pemerintah yang lebih siap dalam hal pemanfaatannya.

Oleh karena itu, menurut dia, kelima instansi pemerintah yang akan terlibat dalam program IGOS sebaiknya dari sekarang sudah mulai menggunakan sistem operasi dengan standar terbuka di instansi masing-masing.

“Kami akan mencoba mendorong penggunaan sistem operasi open source ini dari pemakaian sederhana yakni dimulai dari desktop karena di peranti ini sudah banyak aplikasi dengan standar terbuka yang tersedia.

Untuk lebih jelasnya Wendy mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail tentang program IGOS silahkan akses ke situs http://www.igos.web.id dan http://www.igos.or.id kedua situs ini disediakan sebuah forum bagi komunitas open source.

Dari kalangan praktisi open source meminta pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada pengembang teknologi informasi lokal menyusul rencana penerapan program IGOS dalam waktu dekat ini.

Praktisi open source dari KPLI, menilai penerapan program IGOS baru berjalan efektif tahun depan yang diharapkan juga diiringi dengan kebijakan yang mendukung pengembang IT lokal seperti menerapkan dan pemberlakukan pajak software dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Selain itu pemerintah bisa menerapkan kebijakan seperti penerjemahan program ke dalam Bahasa Indonesia. Penggalakan program kampus berupa sosialisasi open source ke dalam universitas juga perlu dilakukan.

Pada tahap awal program IGOS, pemerintah bisa memulai program itu mulai dari lingkungan kantor pemerintahan selain program sosialisasi melalui website yang menghimpun pendapat atau masukan dari pengamat open source maupun telematika nasional. Dengan adanya website, maka bisa membentuk sebuah komunitas tersendiri. Regulator, pakar, dan praktisi open source bisa saling berkomunikasi sehingga sosialisasi program IGOS berjalan dengan baik. afif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: