System Busway di bilangan Sudirman

System Busway di bilangan Sudirman

JAKARTA – Sistem tarif busway dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama yakni tarif jalur utama (trunk line) dengan jalur Blok M-Kota Rp 2.500 sekali naik. Jenis kedua yaitu tarif dari moda pengumpan (feeder) ke jalur utama di- lakukan dalam sistem yang terintegrasi. Pada jenis petarifan ini, tarif dibagi berdasarkan 2 zona yang telah ditentukan.

Ketua Tim Koordinasi Pelaksanaan Busway, Irzal Z Djamal, usai melaporkan persiapan akhir peluncuran busway kepada Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota, Selasa (9/12) mengatakan, tarif yang telah disetujui Gubernur tersebut dipastikan lebih murah dibandingkan tarif angkutan umum lainnya dengan fasilitas AC.

Irzal menjelaskan, tarif dari feeder ke busway untuk Zona A Rp 2.900 per orang. Zona ini meliputi sekitar Ciledug, Bintaro, Pondok Aren, Ciputat, Cinere, Pondok Labu, Sunter, Kelapa Gading, Jatinegara, dan Pondok Gede.
Sedangkan untuk Zona B Rp 3.800 yang meliputi Bandara Soekarno-Hatta, Lippo Karawaci, BSD Serpong, Depok, Cibubur, Cileungsi, dan Bekasi.

Dia mencontohkan, jika seseorang dari BSD Serpong (Zona B) akan menuju Kota atau Blok M, maka ia akan membeli karcis di feeder busway yang ditunjuk seharga Rp 3.800. Di bus feeder, akan dilakukan pemeriksaan karcis dan kondektur akan mengambil bagian khusus feeder sedangkan penumpang masih memegang karcis khusus busway.

Setelah tiba di halte busway yang dipilih, penumpang menunjukkan potongan karcis khusus busway yang diperoleh dari bus feeder tadi kepada petugas di loket halte. Secara otomatis, mesin akan memproses karcis penumpang tersebut dan akan mengizinkan penumpang yang bersangkutan masuk ke halte busway untuk menunggu bus ke tujuan yang diinginkan. Hal yang sama berlaku untuk tempat-tempat yang masuk Zona A. “Jadi penumpang hanya membayar di bus feeder sebesar ketentuan zona yang telah ditetapkan kemudian,” katanya.

Sayang, pihak Pemprov DKI belum menentukan jumlah dan jenis bus feeder. “Karakteristik bus feeder akan ditentukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam

penandatanganan kontrak dengan perusahaan-perusahaan otobus yang ada. Bus feeder juga harus ber-AC,” ujar Irzal.

Berkaitan dengan rencana pengoperasian busway di jalur Blok M -Kota sepanjang 12,9 kilometer, sebanyak 7 trayek yang dilayani 149 bus akan dialihkan. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rustam Effendi, mengatakan, trayek yang akan dialihkan tersebut merupakan trayek yang berhimpitan dengan jalur busway.

Angkutan yang selama ini melayani jalur yang berhimpitan dengan jalur busway seperti PPD P-1 (Blok M-Kota), PPD PAC 01 (Lebak Bulus-Kota), PPD

PAC B1 (Blok M-Kota), Steady Safe 938 reguler (Blok M-Kota), Pahala Kencana PAC 94 (Lebak Bulus-Kota), sudah setuju mengalihkan trayek mereka.

Sedangkan Bianglala yang melayani trayek Ciputat-Kota (Bianglala P-69 dan PAC 45) tidak bersedia dipindahkan. Pemprov DKI akan mencabut paksa izin trayek bus itu. “Pengalihan paksa ini sudah mendapat persetujuan Gubernur,” ujar Rustam.

Sedangkan untuk menunjang kelancaran busway, Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan pembatasan kendaraan di sepanjang jalur Blok M-Kota yakni dengan pola three in one (3 in 1). Pada sistem ini setiap kendaraan diwajibkan berpenumpang 3 orang atau lebih sepanjang jalur Blok M-Kota mulai pukul 06.30 sampai 20.00 WIB. Sistem pembatasan lainnya yakni berdasarkan nomor plat kendaraan di sepanjang jalur dan waktu yang sama dengan 3 in 1.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sulistyo Ishak, mengatakan, setiap nomor plat kendaraan dengan akhiran 1 dan 2 dilarang melaju di jalur Blok M- Kota pada hari Senin,
untuk 3 dan 4 (Selasa),
5 dan 6 (Rabu),
7 dan 8 (Kamis),
9 dan 0 (Jumat).
Untuk hari Sabtu dan Minggu ketentuan ini
tidak berlaku. (E-7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: