Satu lagi TV Islami hadir di Indonesia

Satu lagi TV Islami hadir di Indonesia

Mulai Tanggal 28 oktober 2003 bertepatan dengan awal bulan Ramadhan 1424 H, bertambah lagi sebuah stasiun TV bernuansa Islami di Indonesia. Setelah Ar-Rahman Channel, kini hadir MQTV yang sebelumnya adalah sebuah Production House yang spesialis memproduksi acara-acara bertemakan syiar Islam. Siaran MQTV dipancarkan melalui satelit Palapa C-2, dapat ditangkap dengan parabola di seluruh penjuru nusantara bahkan menjangkau negara-negara ASEAN, Hongkong, Taiwan, Australia, New Zealand, Bangladesh, Pakistan, sebagian India dan Timur Tengah.

Menurut Widodo, Deputy Vice President dalam penanganan Product Management PT. Satelit Palapa Indonesia (Satelindo), siaran MQTV dipancarkan melalui sistem Digital Bouquet, dimana pemancaran program dilaksanakan di Jalan Daan Mogot Jakarta. Dengan sistem ini, investasi yang ditanamkan di awal tahun oleh MQTV bisa ditekan menjadi lebih rendah. Disisi lain sistem ini bisa juga memberikan solusi untuk pengacakan (program pay tv). Untuk tahap-tahap awal MQTV akan dijalankan dengan sistem recorded (siaran rekaman) yang diprogram secara otomatis untuk menghindari kompleksitas.

Berdasarkan data survey yang pernah dilakukan oleh SRI di tahun 1997 dan Frost & Sullivan 2002, terdapat sekitar 3,7 juta parabola yang pointing/ mengarah ke satelit Palapa C2. Artinya setiap program televisi yang berada di Palapa C2 akan dilihat oleh sebanyak 3,7 juta parabola dan ini merupakan suatu keuntungan strategis bagi MQTV yang baru bergabung di Palapa C2.

Selama siaran ujicoba, MQTV akan menyiarkan acara selama 3 jam, yg diulang terus-menerus 24 jam sehari.

MQTV siap bersaing dengan stasiun televisi lain karena MQTV menawarkan sesuatu yg berbeda dengan stasiun- stasiun televisi yang ada dan dapat dipastikan menarik minat komunitas muslim baik di Indonesia maupun luarnegri.

Berikut ini petunjuk teknis untuk menerima siaran MQTV:
1. Pastikan bahwa antena parabola sudah mengarah ke satelit Palapa-C2 secara tepat di 113′ E (bujur timur)
2. Lakukan setting receiver dengan parameter sebagai berikut :
a. Radio Frequency: 4080 MHz
b. L-Band : 1070 MHz
c. Symbol Rate : 28.125 MSPS
d. Forward Error Correction: 3/4
e. Modulasi : QPSK
3. Jika receiver sudah lock maka otomatis akan muncul channel video dari GlobalTV, ini berarti receiver pemirsa berada di channel-1.
4. Untuk menangkap siaran MQTV maka harus dirubah channelnya dari channel-1 ke channel-6 dengan cara menekan tanda panah yang arah ke atas sampai didapat channel-6 atau muncul tulisan MQTV.
5. Tekan enter, maka pemirsa akan mendapatkan siaran MQTV

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Manajemen Qolbu TV (MQTV)
Jl. Gegerkalong Girang Baru no. 5
Bandung 40154
Telp: +62 22 200 3776
Faks: +62 22 200 38083
Email: mqtv@manajemenqolbu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: