106326144158963840

Tinggalkan Mobil Anda di Rumah!

Pada hari Minggu, 21 September 2003, sepanjang Jl. Sudirman – Thamrin, akan ditutup bagi kendaraan bermotor, kecuali kendaraan umum, dalam rangka memperingati Hari Tanpa Kendaraan Bermotor sedunia atau World Car Free Day. Penutupan jalan ini akan berlangsung sejak pk. 05.00 – 14.00 WIB.

Berbagai kegiatan seperti aerobik, sepeda santai, pentas musik, bazaar, lomba gambar & berbagai permainan untuk anak, sepak bola jalanan dan lain-lain, akan diselenggarakan di sepanjang Jl. Sudirman – Thamrin, dengan Bundaran HI sebagai pusatnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Jakarta akan kondisi udara di Jakarta yang sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan, dimana pencemaran udara sebagian besar dihasilkan dari asap knalpot kendaraan bermotor. Selain itu, meningkat pesatnya jumlah kendaraan bermotor menyebabkan terjadinya pelebaran jalan di hampir seluruh pelosok kota. Hal ini berdampak pada hilangnya ruang publik, ruang hijau dan lahan bermain untuk anak-anak.

Adapun cara yang paling signifikan untuk menurunkan tingkat pencemaran udara dan juga menurunkan tingkat ketergantungan akan kendaraan bermotor adalah dengan beralih dari penggunaan kendaraan bermotor pribadi ke penggunaan alternatif transportasi non-motor, seperti bersepeda, berjalan kaki, bersepatu roda atau menggunakan kendaraan umum seperti bis, metromini, mikrolet.

Jadi, jika berminat untuk ikut serta memeriahkan acara Car Free Day , tinggalkan mobil dan motor anda di rumah, dan gunakan kendaraan umum atau sepeda untuk bergabung ke Bundaran HI. Kapan lagi kita bisa bermain-main di jalan raya, bersepeda, bermain skateboard, bermain layangan, seperti halnya di masa kecil kita dulu, ketika jalan raya belum sepadat sekarang ini.

Acara ini diselenggarakan oleh beberapa lembaga pemerintah, swasta dan LSM (KPBB, Swisscontact, Pelangi, Walhi Jakarta, Kerabat WWF) yang tergabung dalam Mitra Emisi Bersih bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta dan Kementrian Lingkungan Hidup.

Sebagai informasi, peringatan Car Free Day tahun ini diselenggarakan di banyak kota di seluruh dunia, seperti Liverpool, Montreal, Ottawa, Antwerpen, Paris, Lyon, Frankfurt, Hamburg, dan Barcelona. Sejauh ini jumlah kota di seluruh dunia yang akan menyelenggarakan Car Free Day 2003 diperkirakan sekitar 740 kota. (m!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: