106239084192478576

Siapa bilang ngga bisa nge-google dengan bahasa Sunda atau Jawa?

detikcom – Jakarta,Kalau bahasa menjadi hambatan anda mencari informasi lewat Google, tak perlu khawatir. Google tersedia dalam berbagai bahasa, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu hingga Jawa dan Sunda. Universalisasi adalah strategi brilian Google.

Berkat proyek sukarelawan yang diluncurkan Google sejak tahun 2001, saat ini pengguna Google bisa menikmati interaksi dengan bahasa yang lebih akrab di telinga. Pilih saja yang cocok dengan lidah anda, Google Search, Mesin Cari Google, Google Nggolekki atau Teangeun Google.

Untuk mengatur tampilan bahasa anda di Google, gunakan halaman Preferences. Penduduk Indonesia mungkin bisa cukup senang melihat tampilan berbahasa Indonesia, Jawa (Jawi Alus) dan Sunda telah tersedia disitu.

Selain itu, ada beberapa bahasa yang tidak lazim namun tetap tersedia. Ini misalnya Bahasa Klingon, yaitu ras mahluk asing dari film fiksi-ilmiah Star Trek, maupun Bahasa Elmer Fudd, yaitu bahasa Inggris yang diucapkan dengan dialek cadel ala tokoh kartun Warner Bros.

Juga tersedia, Google dalam Bahasa Hacker. Keunikan bahasa ini adalah huruf alfabet diubah menjadi kode-kode seperti, 3 untuk e dan 4 untuk A. Sehingga Google Search bisa ditulis Google 534R(H.

Menurut Google, ini adalah proyek yang berasal dari keyakinan bahwa Google memiliki nilai-nilai yang universal. “Kami sangat berkeinginan untuk menawarkan layanan ini dalam semua bahasa yang tersebar di muka bumi ini,” sebut keterangan dalam situs itu.

Para sukarelawan yang hendak menerjemahkan Google ke dalam suatu bahasa dapat mendaftarkan diri sebagai penerjemah di Google. Sukarelawan harus mampu mengikuti gaya bahasa Google yang ramah dan sedikit bernuansa canda. Selain itu, istilah-istilah seperti Google, Safe Search dan beberapa istilah tertentu tidak boleh diterjemahkan.

Google sendiri total sedang mengembangkan 147 bahasa! Dari bahasa Abkhazian sampai bahasa Zulu. Pengembangan bahasa Jawa sendiri sudah mencapai 99 persen penggarapan.

Saat ini masih banyak bahasa yang belum terpenuhi oleh Google, jika anda merasa mampu jadi penerjemah, daftar saja pada situs Google. Siapa tahu nanti akan ada Google dalam bahasa Batak, Manado atau Papua.

Universalisasi ini adalah bagian dari strategi sukses Google nomor delapan: The need for information crosses all borders. Meski markas Google ada di California, mereka punya kantor di seluruh dunia (12 kantor) dengan misi memfasilitasi akses informasi untuk seluruh dunia.

Kebijaksanaan pengangkatan karyawan Google juga menerapkan anti diskriminasi. Karyawan dipilih murni berdasarkan kemampuannya. Sebagai hasil adalah staf yang merefleksikan anggota masyarakat dari beberapa ras di seluruh dunia. 34 bahasa tercatat digunakan oleh staf Google!

Catatan: Judul dapat diterjemahkan “Bisa Mencari Pakai Bahasa Jawa

Link Asli: detikinet.com dengan judul Bisa Nggoleki Pakai Boso Jowo
Informasi lain seputar Google:
Sebelum ke Perpus, Google Dulu
When Larry Met Sergey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: