Jalan Roh Myo-hyun untuk Aa Gym

Aa GymReporter : Titis Widyatmoko

detikcom (Rabu, 26/2/2003) – Jakarta,Roh Myo-hyun menjadi presiden berkat internet. Demo antiperang terbesar dalam sejarah diorganisir via internet. Cara yang sama coba dibuat pengagum Aa Gym untuk tujuan: Aa Gym for President!

Seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Birmingham, Harry Sufehmi bersama rekan-rekannya membangun situs www.aagymforpresident.com. Dasar pemikirannya sederhana, Harry dkk menganggap Aa Gym atau KH Abdullah Gymnastiar adalah sosok yang tepat untuk menjadi pemimpin Indonesia. Dia dianggap bersih, tegas dan punya jiwa kepemimpinan.

Aa Gym adalah seorang dai terkenal dari Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Bandung. Namanya melesat ke jajaran tokoh nasional dalam waktu singkat. Semuanya berkat dakwah-dakwahnya yang dianggap damai, sejuk dan netral. Meski adalah tokoh Islam, namanya pun diterima luas di berbagai kalangan. Media Singapura, New Straits Times memasukkan Aa Gym sebagai salah satu tokoh Indonesia paling bersinar tahun 2002.

Berawal dari diskusi di berbagai komunitas online, kemudian muncullah ide untuk memanfaatkan internet sebagai sarana pemasyarakatan kampanye tersebut. “Agar pada pemilu 2004 nanti, rakyat Indonesia bisa dipimpin oleh presiden yang integritasnya solid, adil dan tidak memiliki bias kepentingan pribadi,” tandas Harry dalam email jawaban kepada detikcom, Rabu (26/2/2003).

Berbagai fasilitas interaksi ditampilkan dalam situs ini demi tujuan memperluas dan mempergiat kampanye. Yang sudah ada adalah forum, pemberian komentar dan announcement dimana setiap ada berita baru maka akan ada informasi via e-mail.

Harry sendiri menjanjikan pengembangan serius untuk situs ini. “Sudah terpikir idenya, namun masih perlu didiskusikan lagi mengenai implementasinya. Juga berbagai detil yang saat ini masih perlu dikonsultasikan ke beberapa orang ahlinya,” ungkap Harry.

Harry mengaku, keberhasilan Roh Myo-hyun memanfaatkan internet sebagai basis kampanye ikut memotivasinya dalam meneruskan ide. Cuma, tentu saja terdapat problem besar dimana coverage internet di Indonesia tidak seluas Korsel. Demikian juga pemanfaatan teknologi yang belum setinggi negeri ginseng tersebut.

Kesadaran internet di Korea Selatan adalah kebanggaan nasional mereka. Hampir 70 persen rumah di Korsel terkoneksi internet. Bandingkan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang baru mencapai 4,5 juta akhir 2002 lalu.

Korsel juga memiliki kecepatan koneksi yang lebih dibanding di negara lain. Setiap warga negara Korsel meluangkan waktu 1340 menit untuk online per bulan. Dan, 10 persen aktivitas ekonomi di Korsel berhubungan dengan IT, termasuk dalam level tertinggi di dunia.

Namun hal ini dianggap Harry bukan problema. “Kami akan merencanakan situs ini sebagai sarana inkubasi berbagai ide, yang kemudian diimplementasikan via berbagai channel lainnya. Dan juga sebagai pusat komunikasi dan koordinasi dari berbagai pihak yang bersimpati,” katanya.

Namun sayang, jikalau tujuan utama adalah mendudukan Aa Gym ke kursi presiden, hambatan utama bukanlah pada soal kampanye. Tapi justru terletak pada ketidakbersediaan Aa Gym untuk menjadi presiden. Tentu, inilah peer utama yang harus digarap. “Kami sedang menggodok berbagai solusi. Perlu dimatangkan lagi mengenai berbagai detil teknisnya,” tegas Harry berkomentar soal hambatan utama ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: