Bagaimana membuat bom nuklir?

Koran Tempo – Jumat 20030112. Bom nuklir mungkin akan menjadi alasan sebuah peperangan di Timur Tengah dalam waktu dekat. Amerika Serikat yang menabuh gendang. Dengan alasan Irak mengembangkan senjata-senjata berbahaya, diantaranya bom nuklir, mereka mengincar Saddam Hussein, Presiden Irak. Anehnya, paling tidak seperti dikatakan Perdana Menteri Mahathir Mohammad didepan pertemuan parlemen se-Asia beberapa waktu lalu, Amerika Serikat justru membiarkan Korea Utara yg terang mengatakan akan kembali mengembangkan senjata nulirnya.

Tapi, lupakanlah keanehan itu. Sudah sejak dulu kita tahu Amerika Serikat memang tak memiliki kepribadian dalam politik Internasionalnya. Juga ada desas-desus, negeri itu sebenarnya hanya menginginkan minyak Irak, seperti yang telah dilakukan pada Afganistan.

Apapun, bom nuklir memang mengerikan. Ledakannya yang berasal dari peristiwa-peristiwa pembelahan (fisi) dan penggabungan (fusi) inti-inti atom akan melepaskan energi yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat, kurang dari 1/100.000 detik.

Sejarah mencatat manusia telah menggunakan bom jenis ini dua kali dalam peperangan dimasa lalu. Keduanya digunakan oleh —jangan ketawa— Amerika Serikat. Salah satunya ketika pada 6 Agustus 1945 pesawat pembom B-29 mereka bernama Enola Gay menjatuhkan bom atom bernama Little Boy di pusat kota Hiroshima dan mengakibatkan kematian 200 ribu orang.

Artikel lainnya seputar bom Atom:
elektroindonesia, 50 Tahun Jatuhnya Bom Atom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: