Enam Lima ada sejarahnya?

Duh… gue sebagai alumni smun 65 kok baru tau kalau sejarah berdirinya “enam lima” ternyata lumayan panjang🙂. Ngga tau lah dari mana smun_65 dapet source-nya. Tapi dari link tersebut gue baru bisa tau bagaimana enamlima itu sebenarnya berdiri. Apa yg gue tau ternyata sedikit banget😦 hik..hik..hik…

Dahulu SMUN 65, merupakan kelas jauh dari Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP 35), yang merupakan sekolah menegah ke-35 di seluruh Indonesia. Kelas jauh SMPP 35 atau SMUN 65 (sekarang,red) dibuka karena daya tampung SMPP 35 tidak mencukupi atau kelebihan siswa. PAda cawu I SMPP 35 Kelas Jauh masih berada di daerah Kemanggisan, Slipi (SMUN 78). Kemudian baru pada cawu berikutnya SMPP 35 Kelas Jauh dipindahkan ke daerah Kelapa Dua, Kebon Jeruk yang untuk sementara menempati gedung SD. dan SMPP 35 Kelas Jauh ini pada saat itu dipimpin oleh seorang pejabat sementara, yaitu Ibu Retna Kartiwi.

Logo SMUN 65 yang kita kenal sekarang ini diciptakan oleh Yudho, murid IPA angkatan I SMPP 35 Kelas Jauh. Pada saat itu SMPP 35 Kelas Jauh tidak selengkap sekarang, karena belom memiliki Laboratorium dan Musholla. dan satu-satunya kendaraan umum yang melewati SMPP 35 Kelas Jauh ini barulah Kopaja B.94 jurusan Joglo-Tanah Abang.

Pada tahun 1982, SMPP 35 Kelas jauh mendapatkan nomor sekolahnya yang kemudian terkenal dengan nama SMA 65. dan pada saat bersamaan, Ibu Retna Kartiwi diangkat sebagai Kepala Sekolah SMA 65 yang pertama dan sebagai wakilnya adalah Bapak Bejo Mulyono. Guru-guru pertama SMA 65 (dari masih bernama SMPP 35 Kelas Jauh, red) adalah Bapak Gatot, bapak Dasuki, Bapak Edi, BApak Suroso, Bapak Mahnuri, Ibu Hertin dan alm. Ibu Sangaji, sedangkan yang lainnya merupakan guru-guru baru pada saat itu. Pembina OSIS SMA 65 yang pertama adalah Bpk. Gatot dan Bpk. Dasuki. PAda tahun 1984, Bpk Gatot diangkat menjadi Wakil Kepala Sekolah bid. Kesiswaan yang pertama. Namun pada tahun 1987, beliau mengundurkan diri yang kemudian digantikan oleh Bpk. Abdul Hamid. Dimasa kepemimpinan Ibu Retna sempat dibangun Laboratorium, Musholla dan Kantin.

Pada tahun 1987, Jabatan Ibu Retna Kartiwi sebagai Kepala Sekolah SMA 65 yang pertama digantikan oleh Bpk. Ichsanu SAhid Warsono. Beliau adalah Wakil Kepala Sekolah SMA Olahraga Ragunan. Dimasa kepemimpinan Bpk. Ichsanu, sempat diperkenalkan pengkoreksian hasil jawaban dengan komputer bernama Scan 12, pembangunan ruang OSIS, dan penghotmixan lapangan upacara. Namun sesuatu diluar kehendak terjadi, SMA 65 yang dudlunya begitu luas dan lapang, tergusur beberapa meter untuk pelebaran jalan Kelapa Dua.

Pada tahun 1993, Bpk. Ichsanu Sahid Warsono digantikan oleh Ibu Anne Ruskandar. Beliau adalah Wakil Kepala Sekolah SMA 34 Jakarta Selatan. Ditahun 1994, Bpk. Bejo Mulyono, Wakil Kepala Sekolah SMa 65 diangkat menjadi Kepala Sekolah SMA 20, kemudian Bpk. Gatot diangkat menjadi Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum. Di tahun yang sama nama SMA diganti menjadi SMU ( Sekolah Menengah Umum ) seiring dengan bergantinya kurikulum baru yaitu 3 Sosial dan diadakan rehabilitasi Musholla.

Pada tahun 1995, Ibu Anne Ruskandar pindah ke SMUN 82, disana beliau juga menjabat sebagai Kepala Sekolah, dan pengganti beliau adalah ibu PAngestuti dari SMUN 8 Jakarta. Pada tahun 1996, SMUN 65 dinyatakan sebagai SMU “plus”, hal ini merupakan hasil prestasi siswa-siswi kelas 3 yang patut dicontoh adik-adik kelas 1 dan 2.

Setelah SMUN 65 dinyatakan sebagai SMU “Plus”, beberapa bagian SMUN 65 mengalami pemugaran “peta lama” SMUN 65, yaitu perubahan tempat ruang Guru, Laboratorium, tempat parkir motor, papan nama sekolah dan ruang OSIS. Dan juga pada saat itu untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar, SMUN 65 mengadakan penambahan jam belajar dari jam 07.00 – 15.30 pada hari Selasa, Rabu, Kamis dan 07.00 – 13.15 pada hari Senin dan Sabtu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: